Tips Merawat Bayi Kembar Tanpa Bantuan Babysitter

Selain memikirkan nutrisi untuk bayi kembar, memilih susu ibu menyusui yang paling baik juga penting agar nutrisi sang ibu tercukupi lho. Ya, memang merawat bayi kembar akan diperlukan tenaga ekstra, apalagi jika Anda tidak dibantu dengan babysitter. Namun, jika dijalani dengan sepenuh hati dan dengan pengetahuan yang cukup, merawat bayi kembar tidak akan sesulit yang dikhawatirkan. Nah, berikut ada beberapa tips untuk merawat bayi kembar tanpa bantuan babysitter yang perlu Anda ketahui.

  1. Berbagi Tugas dengan Pasangan
Merawat Bayi Kembar Tanpa Babysitter
Gambar: Womantalk

Meskipun dengan bantuan babysitter pun, Anda perlu membangun kerja sama yang baik dengan pasangan, apalagi tanpa adanya babysitter. Tentu berbagi tugas dengan pasangan merupakan hal yang sangat penting. Misalnya jika sang ibu sedang menyiapkan makanan untuk si kembar, sang ayah bertugas untuk menyiapkan peralatan makan dan menjaga si kembar.

Dalam hal ini komunikasi antara Anda dan pasangan juga harus terjalin dengan baik. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kesehatan masing-masing. Bukan berarti karena terlalu fokus dengan kebutuhan si kembar, Anda dan pasangan lupa untuk menjaga kesehatan sendiri.

Nah, dengan berbagi tugas bersama pasangan, Anda pun memiliki sedikit waktu untuk beristirahat dan me time. Anda bisa berendam di air hangat untuk mengurangi bengkak di kaki setelah melahirkan, beristirahat untuk mengembalikan energi

  1. Tips Saat Memandikan Bayi

Sebelum memandikan bayi, siapkan dulu perlengkapkan yang akan dibutuhkan, seperti sampo, minyak telon, pelembap, bedak tabur, baju ganti, dan lain-lain. Kemudian, lebih bak mandikan bayi dengan cara bergantian satu persatu. Meskpiun kelihatannya praktis, ternyata memandikan dua bayi sekaligus merupakan ide yang kurang bagus.

Memandikan bayi secara bersamaan akan menimbulkan risiko bayi jatuh, terbentur atau merasa tidak nyaman. Namun, beda halnya jika Anda dibantu dengan pasangan yang cekatan dan bak mandi cukup luas untuk memandikan bayi kembar.

  1. Cara Mengganti Pakaian
Baca Juga:  Ibu Dan Balita Untuk Perkembangan Anak yang Lebih Baik

Sebelum melepas pakaian atau handuk yang bayi gunakan, pastikan Anda telah mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan. Kemudian, jika Anda sedang tidak dibantu dengan pasangan, Anda perlu lebih hati-hati dan cekatan saat mengganti pakaian. Gantilah pakaian bayi secara bergantian. Pastikan salah satu bayi Anda berada di tempat yang aman dan masih terbungkus oleh handuk atau pakaian agar tetap hangat. Lalu pastikan letak pakaian kotor jauh dari pakaian yang ingin digunakan agar tidak terkontaminasi dengan bakteri.

  1. Tips Menyusui Bayi Kembar

Untuk bisa mencukupi kebutuhan ASI bayi kembar, sang ibu harus berusaha lebih maksimal agar nutrisi tercukupi. Konsumsilah makanan dan suplemen yang baik untuk melancarkan ASI. Selain itu, diperlukan manajemen stres yang baik agar sang ibu tetap rileks saat menyusui. Anda bisa menyusui bayi secara bergantian dan meminta pasangan untuk menemani agar Anda bisa lebih tenang dan tidak merasa terbebani.

  1. Ikut program inisiasi menyusui dini

Nggak ada salahnya untuk setiap Ibu yang akan memiliki bayi untuk mengikuti program inisiasi menyusui dini atau IMD. Seperti yang dilansir dari media kawasan PingPoint.co.id dalam rubrik kesehatan, bahwa IMD adalah sebuah proses di mana sang bayi yang baru lahir akan diletakkan di atas perut ibunya, sehingga si bayi dapat bergerak secara alami dan bebas dari nalurinya sendiri untuk mencari puting susu ibu dan kemudian menyusu. Penting bukan!

Good luck! (Rima)

Related Posts

Baca Juga:  Tips Menggunakan Baby Walker

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

One Reply to “Tips Merawat Bayi Kembar Tanpa Bantuan Babysitter”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.